Tingkatkan Kinerja, Forum BPD Petungkriyono Dibentuk

Foto bersama Forum BPD Kecamatan Petungkriyono (Ria)

Petungkriyono - Penyerahan SK PLT (pelaksana tugas) jabatan kepala desa kepada sekretaris desa di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan, dihadiri juga oleh Badan Permusyawarahan Desa (BPD). Momen ini juga digunakan BPD untuk membentuk Forum BPD tingkat kecamatan.

Pembentukan Forum BPD itu untuk mempermudah komunikasi dan saling bertukar pengalaman tentang kinerja BPD. Sehingga, ada peningkatkan kualitas mengenai kinerja BPD di desa masing-masing. Demikian disampaikan oleh Cahyadi selaku Ketua forum BPD Kecamatan Petungkriyono, di aula kantor Kecamatan, Senin (10/10).

Cahyadi mengatakan, selama ini BPD dipandang sebelah mata oleh masyarakat.
Disebabkan karena minimnya pengetahuan anggota BPD dan kurangnya informasi mengenai tugas pokok dan fungsi BPD.

"Padahal BPD merupakan lembaga tertinggi ditingkat desa dan sebagai penampung aspirasi masyarakat. Hal ini berimbas pada lemahnya komunikasi dan kolaborasi dengan pemerintah desa. Dengan dibuatnya forum ini semoga dapat meningatkan dan memajukan desa masing-masing," katanya.


Diskusi BPD bersama FITRA membahas permaslahan di desa (Foto : Ria)


Banyak tema dan permasalahan yang disampaikan dalam forum ini. Adapula yang menyampaikan penjabaran mengenai RKPDesa, APBDesa, sampai RPJMDesa. Forum diskusi ini nantinya akan menjadi forum untuk berbagi pengalaman dan diskusi semua anggota BPD di Petungkriyono.

"Oleh karena itu kepengurusannya harus segera dibuat. Selanjutnya bersiap membuat agenda pertemuan," kata Muhamad Syukur CO Seknas Fitra.

Struktur kelembagaan yang terbentuk yaitu Cahyadi sebagai ketua dari Desa Curugmuncar, Rasmani sebagai Wakil Ketua dari Desa Kasimpar, Imam Budiman sebagai Sekretaris dari Desa Tlogopakis, dan Bendahara Purni dari Desa Kayupuring.

"BPD Kasimpar melakukan mekanisme penyerapan aspirasi dan aduan dari masyarakat. Dan akhirnya menjadi pertimbangan Pemerintah desa dalam penyusunan RKP desa. Ini adalah hasil belajar BPD bersama FITRA terkait tupoksi BPD. Dan semoga dapat diterapkan pada desa lainnya," imbuh Rasmani Ketua BPD Kasimpar. (Ria)

Related Posts:

0 Response to "Tingkatkan Kinerja, Forum BPD Petungkriyono Dibentuk"

Posting Komentar