Tahun 2020 SID Masuk Prioritas Pembangunan

Kepala Dinas PMD, P3A dan PPKB Kabupaten Pekalongan Muhammad Afib membuka acara. (Foto : Ria)

Petungkriyono - Tahun 2020, pembangunan diprioritaskan untuk infrastruktur IT dan pemberdayaan masyarakat. Semua desa di Kabupaten Pekalongan diminta untuk mengangkat tenaga profesional IT non perangkat untuk mengelola Sistem Informasi Desa (SID).

 Kepala Dinas PMD, P3A dan PPKB Kabupaten Pekalongan, Muhammad Afib mengatakan, pengelolaan dan infrastruktur IT wajib dianggarkan melalui dana desa. Regulasi SID sendiri tertuang dalam Perbub SID no 33 tahun 2018, yang mengamanatkan pemerintah desa dalam pengelolaan SID.

"SID masuk dalam prioritas pembangunan. Tujuannya adalah untuk mengembangkan potensi desa dan adanya sumber data valid yang dimiliki desa. Semua kebutuhan informasi dapat dimasukkan dalam website desa," katanya di Aula Bappeda dan Litbang Kabupaten Pekalongan, Rabu (16/10).

Afib menuturkan, adanya tenaga khusus dalam pengelolaan SID, bertujuan untuk mengurangi beban kerja pemerintah desa. Juga untuk mengenalkan profile desa ke dunia luar.

"Sehingga SID bisa terus berjalan, data yang diterima bisa selalu update, dan informasinya dapat dengan mudah di akses oleh masyarakat," tuturnya.

SID merupakan bagian tak terpisahkan dalam implementasi undang-undang desa,  di mana desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi desa, yang dikembangkan oleh pemerintah daerah kabupaten/kota. SID merupakan implementasi dari e-goverment yang merupakan alat bantu desa dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul.

"Dibutuhkan tata pemerintahan yang solid dan bertanggung jawab dalam pengelolaan sistem informasi. Serta dukungan dari lembaga-lembaga yang ada di desa," kata Ary, perwakilan Kominfo Kabupaten Pekalongan.

KOMPAK Jateng Syahrun Nazil saat menjadi moderator. (Foto: Ria)
Kegiatan Bintek penyusunan rancangan peraturan desa tentang SID ini berlangsung selama dua hari. Hari selanjutnya, peserta melakukan diskusi mengenai analisis situasi pengelolaan SID di masing-masing desa. Di antaranya tentang kelembagaan, pengelolaan SID, dan adanya forum data desa.

"Adanya kelembagaan di tingkat desa akan membuat pengelolaan SID menjadi lebih baik dan utuh. Sedangkan fungsi dari forum data desa adalah untuk memastikan bahwa data yang diterima sudah valid. Sehingga dapat digunakan sebagai basis data untuk menyatukan data yang lain," ungkap syahrun Nazil dari KOMPAK Jateng. (Ria)

Related Posts:

0 Response to "Tahun 2020 SID Masuk Prioritas Pembangunan"

Posting Komentar