Praktik Baik BPD, Salurkan Aspirasi Masyarakat

Foto bersama tamu undangan, Dinas PMD, KOMPAK dan FITRA (Foto : Ria).

Petungkriyono - Menurut Permendagri Nomor 110 Tahun 2016, salah satu tugas BPD adalah menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa. Praktik baik ini mulai dilakukan di Desa Kayupuring, Kasimpar, dan Gumelem di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Hal ini merupakan potret awal Kabupaten Pekalongan yang membangun proses awal dari desa.

Kepala Dinas PMD, P3A dan PPKB Kabupaten Pekalongan, Muhammad Afib mengatakan, fungsi BPD adalah perencanaan, pengawasan, dan penyerapan aspirasi. Kedepan semoga ada testimoni mengenai praktik baik BPD di Kecamatan Petungkriyono kepada kecamatan lain.

"Saya sangat berterima kasih terhadap KOMPAK dan FITRA yang dapat membantu proses belajar BPD di Kecamatan Petungkriyono. Sampai saat ini kami belum bisa berpikir dalam proses penguatan BPD," katanya di aula Bappeda Kabupaten Pekalongan, Kamis (24/10).

Afib menuturkan, penguatan BPD sangat diperlukan, mengingat kegiatan ini tidak akan selalu didampingi oleh KOMPAK. Tahun 2020 pihaknya akan mulai berpikir untuk penguatan dan peningkatan kapasitas BPD.  Ke depan pihaknya juga akan melibatkan lintas sektoral di tingkat kecamatan untuk melakukan program di tingkat desa.

"Langkah ini dilakukan agar usulan yang tidak masuk dalam RKP desa bisa ditangani oleh sektor lain. Dan aspirasi yang disampaikan tidak sia-sia," tuturnya.

Dalam pelaksanaannya, BPD mendapat pendampingan FITRA dalam proses Sekolah Anggaran Desa (Sekar Desa). Materi yang disampaikan dalam Sekar Desa di antaranya seputar UU Desa, konsep dasar perencanaan dan penganggaran desa, pengelolaan posko pengaduan, peran masyarakat dan fungsi BPD.

"Sekar Desa merupakan ruang belajar bagi BPD, pemerintah desa, dan masyarakat yang responsif, akuntabel, dan inklusif gender. Yang hasil akhirnya dapat meningkatkan kapasitas lembaga desa dalam memahami tupoksinya ", ungkap Ketua BPD Kasimpar Rasmani. (Ria)

Related Posts:

0 Response to "Praktik Baik BPD, Salurkan Aspirasi Masyarakat"

Posting Komentar