BPD Kayupuring: Respon Positif Hasilkan 437 Aspirasi.

BPD dan Pemdes Kayupuring sedang berdiskusi mengenai hasil dari pekan aspirasi (Foto : Ria)

Petungkriyono -  Pekan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat yang digelar oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kayupuring Kecamatan Petungkriyono mendapat respon yang positif. Kegiatan yang dilakukan dari tanggal 20 Agustus sampai dengan 10 September 2019 ini menghasilkan 437 aspirasi dan aduan, Senin (23/9).

Ketua BPD Kayupuring, Maryono Untung mengatakan, hasil dari penyerapan aspirasi dan pengaduan masyarakat nantinya akan disampaikan kepada Pemerintah Desa Kayupuring sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa. Selanjutnya, akan diselenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) khusus untuk membahas tindak lanjut hasil aspirasi dan aduan.

"Kegiatan Pekan Penyerapan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat merupakan rangkaian kegiatan program desa melek anggaran. Tujuannya untuk mendorong pembangunan desa yang inklusif dan responsif gender di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan," katanya.

Maryono menambahkan, aspirasi dan aduan yang disampaikan diantaranya tentang pemerintah desa, adminduk, KTP, pembangunan infrastuktur, sosial dan budaya, sanitasi, kesehatan, pendidikan, ekonomi desa, pertanian, pemuda dan olahraga, pemberdayaan masyarakat, pembinaan kemsyarakatan, lingkungan hidup, difabel, air Bersih.

Dalam Musdes, disepakati bahwa 7 aspirasi dan aduan diselesaikan secara langsung. Sebanyak 127 aspirasi dan aduan diakomodir dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Tahun 2020, serta 98 aspirasi dan aduan dianggarkan dalam Anggaran Pendapan dan Belanja Desa (APB Desa) Desa Tahun Anggaran 2020.

"Ada juga 59 aspirasi dan aduan merupakan kewenangan pemerintah kabupaten, dan 146 aspirasi dan aduan dijadikan bahan pertimbangan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Tahun 2021," pungkasnya. (Ria)

Related Posts:

0 Response to "BPD Kayupuring: Respon Positif Hasilkan 437 Aspirasi. "

Posting Komentar