Ada 9 Mata Air di Festival Rogojembangan Petungkriyono


Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat memberikan sambutan di Festival Rogojembangan 2019 (Foto : Ria)

Petungkriyono - Festival Rogojembangan ini merupakan gelaran yang kedua kali, di mana banyak kebudayaan lokal yang ditampilkan. Tujuannya agar menumbuhkan kecintaan terhadap kearifan lokal dan kelestarian lingkungan. Di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan ini, kaya akan sumber mata air yang melimpah.

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi mengatakan, tugas pemerintah dan masyarakat adalah selalu menjaga kearifan lokal tersebut agar mata air tetap mengalir. Hal ini digambarkan dalam prosesi penyatuan 9 mata air, di mana mata air yang di bawah merupakan sumber air dari masing-masing desa. Air merupakan sumber kehidupan yang harus terjaga kelestariannya.

"Noto air adalah tugas kita bersama. Sehingga keindahan alam tetap terjaga dan membuat kelestariannya semakin berkembang. Karena ora temah ora Petung, dan wong Petung selalu menjaga kearifan lokalnya," katanya, di Lapangan Sigeger Desa Kasimpar Kecamatan Petungkriyono, Minggu (5/11).

Prosesi Penyatuan 9 Mata Air Oleh Kepala Desa Kepada Camat Petungkriyono (Foto:Ria)

"Tahun depan kita agendakan untuk Festival Rogojembangan yang ketiga dengan acara yang lebih meriah. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Dan tetap jaga lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan," imbuhnya.

Festival Rogojembangan ini berlangsung selama 3 hari. Dalam rangkaian acara festival itu dibuka juga pasar rakyat, kopi dan cimplung gratis, festival hadroh dan senandung doa, festival dolanan rakyat dan senandung gunung, serta kirab budaya dan pagelaran seni rakyat.

"Festival ini berlangsung sangat meriah dengan kegiatan yang beragam. Bintang tamu yang terkenal menjadi daya tarik tersendiri. Senandung dari grup band Letto membuat suasananya menjadi berbeda. Dan tidak hanya warga lokal saja yang menyaksikan, tapi luar daerahpun hadir,"  kata Tiwi pengunjung dari Kajen. (Ria)

Related Posts:

0 Response to "Ada 9 Mata Air di Festival Rogojembangan Petungkriyono"

Posting Komentar