Masih Ditemukan KK Kadaluarsa di Desa Tlogohendro




Warga Desa Tlogohendro Kecamatan Petungkriyono antusias menghadiri musdes di Balaidesa Tlogohendro. (Foto: Slamet Sugeng).

– Warga Diminta Secepatnya Mengurus

Tlogohendro – Kelengapan administrasi kependudukan (adminduk) sangat penting bagi warga sebagai identitas hukum. Di Desa Tlogohendro Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan tercatat baru ada 569 anak usia 0-18 tahun yang sudah memiliki akta kelahiran. Semetara 19 anak masih dalam proses pembuatan identitas hukum tersebut.

Namun demikian, di desa yang terletak di wilayah tertinggi Kabupaten Pekalongan ini ditemukan sedikitnyab 89 kartu Keluarga (KK) yang sudah kadaluarsa. Hal itu terungkap setelah masing-masing perwakilan dusun melaporkan hasil musyawarah dusun (musdus) kepada pemerinta desanya.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Tlogohendro, Kaslam meminta warga agar lebih sadar adminduk dengan melengkapi data-data kependudukan supaya tidak terjadi kesalahan maupun hal-hal yang bersifat merugikan. Hal itu karena adminduk sangat penting bagi warga dalam mengurus apapun.

"Jika butuh apa-apa tentang aminduk datang saja ke Balaidesa, kita siap melayani" kata Kaslam, Rabu (28/2). 

Ia menjelaskan, musyawarah desa (musdes) Tlogohendro kali ini membahas tentang adminduk. Pasalnya, masih banyak warga yang enggan mengurus administrasi tersebut yang merupakan kewajiban bagi setiap warga. Oleh karenanya, perwakilan dusun mengecek warga mengenai kelengkapan adminduk mereka.

Dalam Musdes yang dipimpin langsung oleh Kuswandi selaku Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Kepala Desa Tlogohendro, serta Haryoko selaku Districk Fasilitator (DF) Forum Masyarakat Sipil (Formasi) ini, warga diharuskan segera mengurus administrasi tersebut. Sebagai daerah pilot project, Kecamatan Petungkriyono mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan layanan dasar yang difasilitasi oleh Formasi.

“Secepatnya warga yang belum lengkap adminduknya agar segera mengurus,” pungkasnya. (slamet sugeng)

Related Posts:

0 Response to "Masih Ditemukan KK Kadaluarsa di Desa Tlogohendro"

Posting Komentar