"Grow To Give" Bantu Perempuan Kayupuring Jadi Pengusaha



Perempuan Desa Kayupuring Kecamatan Petubgriyono foto bersama tim G to G usai kegiatan. (Foto: Purni)


 
Petungkriyono - Sebagai Perempuan Desa Kayupuring Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan mayoritas sebagai pencari rumput dan penambang pasir tradisional. Aktivitas itu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu, mereka juga sebagai pembuat gula dan kopi yang dihasilkan dari kebunnya sendiri

Hal itu yang mendasari tim Grow to Give melatih perempuan di desa ini menjadi pengusaha serta pebisnis kopi dan gula. Salah satu produk yang akan segera diwujudkan yaitu gula semut dan kopi hitam yang dinamakan Kopi Welo dan Gula Welo.

"Semua ibu-ibu Desa Kayupuring adalah pengusaha dan pebisnis karena ibu-ibu mampu menghasilkan suatu produk dan menjualnya langsung ke pembeli" kata Titik Rusmiati sebagai chief executive officer di Grow to Give, kemarin.

Salah seorang penghasil gula aren Ratnah saat ditemui di rumahnya pada Senin (22/1) menyebutkan, kedatangan Grow to Give di desanya ialah untuk membantu dan melatih bagaimana menghasilkan gula semut yang memiliki nilai jual tinggi di pasaran.

 "Sebelum Mbak Rosi  (Titik Rusmiati) datang membantu dan mengajari cara membuat gula semut, saya sudah pernah mencoba hanya saja saringan yang saya gunakan lubangnya agak besar tidak sekecil yang diajarkan mbak Rosi, sehingga mampu menghasilkan gula semut yang lebih halus,” katanya.

Dalam waktu satu bulan Grow to Give atau biasa disebut G to G melakukan pertemuan sekaligus pelatihan terhadap perempuan di desa ini. Peserta dibagi menjadi dua kelompok, kelompok ibu-ibu pemproduksi dan kelompok pemuda yang didominasi oleh perempuan muda Desa Kayupuring.

Kelompok ibu-ibu adalah kelompok yang memproduksi gula dan kopi untuk diproses menjadi gula dan kopi yang berkualitas. Sementaea para pemuda bertugas memasarkan dan mempromosikan hasil produk perempuan pengusaha di Desa Kayupuring. (purni/fid)

Related Posts:

0 Response to ""Grow To Give" Bantu Perempuan Kayupuring Jadi Pengusaha"

Posting Komentar