Kelompok Selapanan Yosorejo Sharing Keterlibatan di RKPDes Petungkriyono

Kelompok Selapanan Petungkriyono Sharing Keterlibatan dalam RKPDes - Foto Ria Yos

Pekalongan (suarapetungkriyono.com) - Kelompok Selapanan Desa Yosorejo, Ria Rosita diminta untuk sharing di hadapan peserta pertemuan Kecamatan Se-Pekalongan, pihaknya mengatakan, bahwa perempuan juga memiliki peran penting dalam pembangunan desa.  Karena dengan adanya masukan dari masyarakat dan kelompok perempuan, membuat pemerintah desa lebih peduli dalam memberikan solusi serta membuat masyarakat semakin kritis dan cerdas dalam berpendapat. 

" Kegiatan selapanan menjadi langkah efektif untuk menumbuhkan rasa peduli dan cinta terhadap desanya. Sehingga timbul keinginan dan harapan agar desanya bisa semakin maju dan sejahtera ", katanya saat presentasi. 

Sementara itu, Camat Petungkriyono,  Agus Dwi Nugroho,  S. STp menuturkan,  bahwa dalam pelaksanaanya Kecamatan Petungkriyono membentuk tim PTPD (Pembina Teknis Pemerintah Desa) sesuai dengan SK Camat. Terdiri dari Pendamping Kecamatan, UPT Pendidikan dan Kesehatan. " Dimana tugasnya adalah melakukan pendampingan dan fasilitasi kegiatan penyusunan RKP Desa ", tuturnya di hotel Dafam, kemarin Rabu (6/12).

Agus menambahkan, PTPD merupakan hal baru yang ada di kecamatan, dan dalam pelaksanaannya perlu adanya peningkatan kapasitas dari desa maupun tim PTPD itu sendiri. Agar nantinya rangkaian proses bisa dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan", imbuhnya. 

Karena Petungkriyono sebagai salah satu Kecamatan pilot project KOMPAK,  sehingga diminta untuk sharring pengalaman dalam proses penyusunan RKPDesa tahun 2018. Dalam penyusunannya, RKP Desa membutuhkan bahan pendukung agar rencana pembangunan desa lebih terarah dan teratur. Bahan – bahan pendukung tersebut antara lain: RPJM Desa, Hasil Musyawarah Desa dengan masyarakat, serta Data dan Informasi dari Kabupaten. Dengan harapan rangkaian proses ini dapat diterapkan oleh seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Pekalongan. (JW ria/yos)

Related Posts:

0 Response to "Kelompok Selapanan Yosorejo Sharing Keterlibatan di RKPDes Petungkriyono"

Posting Komentar