Sebagian Warga Yosorejo Buang Sampah Sembarangan di Sungai

Casmonah Sedang Buang Sampah di Sungai Kaliwetan-Yosorejo - Foto Erry

Yosorejo (suarapetungkriyono.com) - Warga di Dukuh Dranan, Desa Yosorejo, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan hingga kini, masih punya kebiasaan buang sampah sembarangan di sungai, tepatnya di sungai kaliwetan. Mereka membuang sampah pada pagi hari, disaat fajar menyingsing, tidak ada perasaan bersalah, ungkap Endang Tri Suhesti selaku Mantri Kesehatan Dukuh Dranan di kediamannya, Jumat (17/11). 

Endang menghimbau kepada warga masyarakat dukuh dranan, agar tidak membuang sampah sembarangan, karena bisa mencemari lingkungan. " Pihaknya berencana akan melakukan sosialisasi kepada warga, agar kebiasan yang dilakukan minimal terkurangi, target ke depan agar tidak ada warga yang membuang sampah sembarangan di sungai," imbuhnya 

Sementara itu, salah satu warga yang membuang sampah Casmonah (54), selama ini tidak ada tempat pembuangan sampah, sehingga terpaksa buang sampah di sungai. " Emang ga boleh yah, buang sampah di kali, kan kita kan rumahnya digunung, kalau airnya mengalir, yah sampahnya ke utara," katanya. 

Berbeda dengan Suriah warga RT. 02 Dukuh Dranan, alasan dia membuang sampah di sungai, karena dirumahnya kecil, tidak punya pekarangan, dan tidak ada bak sampah, jadi wajar bila membuang sampah di sungai. 

Pantauan jurnalis warga di lokasi pembuangan sampah, tampak sampah berserakan dan dikerubuti lalat dan berbahu tajam, sehingga air sungai yang mengalir bisa tercemar. ( Erry/JW Yos Editor Fid) 

Related Posts:

0 Response to "Sebagian Warga Yosorejo Buang Sampah Sembarangan di Sungai"

Posting Komentar