Reportase JW harus Berdampak Kuat bagi Warga

Camat Petungkriyono bersama pemateri workshop jurnalis warga di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan

Petungkriyono - Di era modern ini, siapa pun bisa memberikan sebuah informasi, sekalipun hanya mengandalkan kekuatan kamera di smartphone, bisa memberikan sebuah berita agar bisa diketahui oleh masyarakat.

Hal itu diungkapkan Bahrul Ulum selaku narasumber di Workshop Jurnalis Warga yang dihadiri oleh Jurnalis Warga (JW) dari tiga desa yaitu Yosorejo, Kayupuring dan Tlogohendro serta satu desa replikasi yaitu Kasimpar. Kegiatan ini berlangsung di aula Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Sabtu (18/11) kemarin.

Bahrul mengatakan, dengan adanya JW memudahkan warga, khususnya di Kecamatan Petungkriyono agar lebih cepat mengetahui kejadian di sekitarnya.

"Peliputan berita yang diinformasikan oleh JW dengan harapan  masyarakat lebih terbantu dalam mengetahui kejadian di sekitar dengan mudah dan cepat. Mengingat infrastruktur yang ada di Petungkriyono dengan jarak antar desa lumayan jauh," katanya.

Aktivitas JW dapat berperan aktif dalam proses pengumpulan, melaporkan menganalisis dan menyebarluaskan berita dan informasi yang menarik, inspiratif yang dikemas secara santai agar mudah dipahami oleh semua lapisan masyrakat.

Lebih lanjut Bahrul menjelaskan, suara masyarakat bisa didengar dan diketahui oleh masyarakat lainnya dengan cepat karena adanya jurnalis warga. Pemberitaan juga harus bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Liputan juga harus dapat dipertangungjawabkan dengan lebih memperhatikan pada kode etik jurnalistik. dengan begitu apa saja yang diberitakan akan berdampak positif dan bermanfaat bagi masyarkat," pungkasnya. (Wati)

Related Posts:

0 Response to "Reportase JW harus Berdampak Kuat bagi Warga"

Posting Komentar