Mentoring Jurnalis Warga Melatih Penulisan Berkarakter

Jurnalis warga Petungkriyono tengah mengikuti peningkatan kapasitas jurnalis warga.
Petungkriyono - Mentoring bagian dari peningkatam kapasitas bagi jurnalis warga, pasalnya ada mekanisme transfer ilmu pengetahuan dari narasumber dan peserta diminta ada penugasan dalam peliputan berita. Mentoring juga agenda rutin yang selalu dilaksanakan oleh Jurnalis Warga (JW) Petungkriyono. Ungkap Eko Fidiyanto selaku Koordinator Jurnalis Warga Kecamatan Petungkriyono, Sabtu (28/10/2017). 

Hadir para JW Petungkriyono yakni 3 JW Desa Kayupuring, Desa Yosorejo, dan Desa Tlogohendro.  Kegiatan ini difasilitasi oleh Perhimpunan Pengembangan Media Nasional (PPMN) Jakarta. 

Narasumber mentoring Bahrul Ulum dari cbmnews.net mengtakan, setiap kegiatan PPMN selalu memantau perkembangan dan situasi dimana tempat JW tinggal. Tujuannya agar JW bisa menulis sesuai dengan kondisi di masyarakat. Terutama mengangkat permasalahan yang menyangkut pelayanan dasar.

"Mulai sekarang JW harus bisa menulis terkait permasalahan di bidang pendidikan,  kesehatan,  adminduk,  perempuan, dan anak.  Harus mulai berani menulis sesuai dengan tema yang di berikan.  Agar nantinya dalam penulisan lebih terarah dan berkualitas dalam pemberitaan," katanya.

Bertempat di warung makan Bu Siti Desa Yosorejo,  acara berlangsung dengan hidmat dan menyenangkan.  Suasana yang berkabut dengan hujan gerimis menemani aktifitas kala itu. Namun para pejuang Pena ini tetap menulis untuk menghasilkan berita yang enak dibaca. Kemudian nantinya akan di edit langsung oleh pendamping dan menjadi suatu berita.

Namun tidak semua berita yang di tulis selalu berbuah mulus. Karena terkadang ada beberapa teguran dari pihak tertentu ketika menulis berita.  Sehingga kadang menurunkan semangat dalam keaktifan menulis.

"Menulis berita gampang-gampang susah. Karena kita harus melihat dari berbagai sisi.  Kemudian menuangkan dalam tulisan yang kadang menjadi kontroversi. Namun terlepas dari semua itu, menjadi jurnalis itu adalah perjuangan demi perubahan,"  ungkap ria JW Yosorejo.  (ria/jw yos)

Related Posts:

0 Response to "Mentoring Jurnalis Warga Melatih Penulisan Berkarakter"

Posting Komentar