Media Kampanye sebagai Maghnet Kepemilikan Akte

Tim Puskapa tengah memaparkan media kampanye untuk percepatan kepemilikan akta kelahiran maupun akta kematian di Kajen Kabupaten Pekalongan. / Foto: Ria Rosita

Kajen (suarapetungkriyono.com) - Kurangnya kesadaran masyarakat mengenai kepemilikan administrasi kependudukan (adminduk), memunculkan beberapa terobosan dalam menyampaikan informasi.

Untuk itu perlu adanya diskusi uji coba media kampanye, untuk percepatan kepemilikan identitas hukum yang nantinya dapat menampilkan informasi yang lebih menarik dan mudah dibaca masyarakat. Sehingga dapat menjadi magnet agar lebih banyak masyarakat yang peduli tentang kepemilikan akta kelahiran atau kematian.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pekalongan, Risnoto mengaku, pihaknya selalu melakukan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Pihaknya selalu memberikan layanan yang membahagiakan, yaitu dengan selalu memudahkan segala macam kepengurusan adminduk.

"Adanya keterlibatan Kompak dalam kepengurusan adminduk, semoga bisa mengoptimalkan segala bentuk pelayanan. Serta menjadi koreksi kami agar bisa lebih baik lagi dalam melakukan pelayanan ", katanya di RM Barokah 2 Kajen, Senin (27/11).

Fasilitator Pusat Kajian Perlindungan Anak Indonesia (Puskapa), Rama menuturkan, budaya di masyarakat, ketika akan menyampaikan informasi dilakukan dengan bercerita.

Sehingga menurutnya harus ada produk pendukung yang dimiliki, dalam kampanye kepemilikan akta kelahiran maupun akta kematian, yaitu dengan dibuatkannya brosur atau buku panduan mengenai manfaat atau keutamaan ketika kita memiliki akte tersebut.

"Sehingga nantinya masyarakat akan lebih mudah dan peduli dalam pembuatan akte tersebut," tuturnya.

Rama menambahkan, dengan adanya diskusi ini maka diharapkan, sebagai agen sosialisasi, dapat memberikan masukan terhadap brosur atau buku panduan yang sudah disediakan. Serta ke depan dapat memberikan informasi yang jelas dan mendalam terhadap mesyarakat.

"Di mana nantinya masyarakat dapat memperoleh banyak kemudahan dalam kepengurusan. Dan data yang diperoleh Dinas Dukcapil bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," pungkasnya. (ria/fid)

Related Posts:

0 Response to "Media Kampanye sebagai Maghnet Kepemilikan Akte"

Posting Komentar