FDS Kiat Tumbuhkan Gerakan Menabung Seribu per hari.


Suasana FDS di Tlogopakis Kecamatan Petungkriyono - Foto Ria Rosita
Petungkriyono - Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program unggulan pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.  Tidak hanya dalam pemberian uang tunai, Pendamping PKH juga juga rutin melakukan FDS (Family Development Session) setiap bulan.

FDS ini sebagai pemberi informasi dan upaya edukasi terhadap keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam peningkatan kualitas kehidupan. Termasuk dalam bidang kesehatan, pendidikan, serta pengelolaan keuangan keluarga. Hal itu dikatakan Koordinator Pendamping PKH kecamatan Petungkriyono, Susanto efendi, S.Kom, kamis (19/10).

Susanto menambahkan, untuk memotivasi semangat menabung bagi KPM, akan diadakan gerakan menabung Rp 1000/hari untuk kurang lebih 350 KPM di Petungkriyono. Dimana akan dibuatkan berita acara kegiatan, dan pendampingan dalam proses pengelolaan keuangan.

"Setelah pemberian materi ini, KPM bisa langsung praktek untuk menabung. Agar nantinya KPM mulai terbiasa menyisihkan uang untuk menabung tiap harinya. Tidak menunggu uang tersisa untuk ditabungkan," katanya.

Pendamping PKH Desa Tlogopakis Kecamatan Petungkriyono, Duwi Priyatinsih, S. Pd mengatakan,  bahwa FDS dilakukan bergiliran setiap bulan. Dimana pembentukan kelompok KPM digabungkan sesuai dengan dusun yang berdekatan. Sehingga tidak hanya menempati satu dusun tertentu.

Namun bergantian dengan KPM di dusun lain dalam satu desa. Untuk FDS kali ini bertempat di dusun Sipetung. Di mana materinya membahas tentang bagaimana cara kita semakin cermat dalam meminjam,  serta memotivasi diri agar lebih rutin menabung.

"Agar nantinya para KPM bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan," ungkapnya saat menyampaikan materi.

Para peserta terlihat bersemangat saat mendengarkan materi yang disampaikan, meskipun suara hujan terdengar semakin deras kala itu. Bagi mereka ini adalah materi yang sangat menarik. Dan bermanfaat dalam pengelolaan keuangan keluarga. Jadi meski harus menempuh jarak sekitar 7 km jauhnya tidak menjadi masalah. Bagi mereka informasi menjadi penting, karena terkendala komunikasi yang masih sulit. 

" Saya selalu meluangkan waktu ikut pertemuan ini. Karena tidak ingin tertinggal informasi dan menyimak materi yang disampaikan," kata Ruliyah (50) KPM dusun Sawangan. (ria/jw yos)

Related Posts:

0 Response to "FDS Kiat Tumbuhkan Gerakan Menabung Seribu per hari."

Posting Komentar