Musrembangdes, Pemdes Tampung Usulan Warga

Pemerintah Desa Kayupuring Kecamatan Petungkriyono tengah menampung usulan Musrembangdes.

Kayupuring (suarapetungkriyono.com) - Musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes) di Desa Kayupuring Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan menampung semua usulan warga setempat, Selasa (19/9).

Kepala Desa Kayupuring Cahyono mengatakan, dari tim sebelas sudah melaksanakan tiga kali pertemuan untuk menyusun perencanaan atau mengambil usulan dari masing-masing dusun untuk perencanaan anggaran tahun 2018.

"Prencanaan ini sesuai usulan masyarakat semua, bukan dari pemerintah desa sendiri. Karena dari dulu pemerintah desa melaksanakan program atau kegiatan sesuai dengan usulan masyarakat. Akan tetapi usulan tersebutyang bisa di pertanggungjawabkan," ungkapnya di kantor desa (19/9).

Dia menjelaskan, sebagai contoh, saat mengusulkan MCK yang memang lokasi pembangunannya tidak ada. Keuangan desa pun tidak bisa dipergunakan. Selain itu, sampai saat ini pun untuk anggaran tahun 2018 pagunya belum jelas berapa nominalnya.

"Jadi pemerintah desa dalam merencanakan baru menyusun usulan-usulan tersebut dan untuk memastikan kegiatan-kegiatan apa saja yang terdanai itu belum bisa. Itu pun harus melihat kegiatan yang memang harus diprioritaskan," tambahnya.

direktur Forum Masyarakat Sipil (Formasi) Yusuf mengungkapkan, secara proses, Desa Kayupuring dianggap paling baik dibandingkan dengan dua desa lain di Kecamatan Petungkriyono. Mengenai kesiapan pun dari tim sebelas sudah sangat serius.

"Masalah kualitas dokumen bagus atau tidaknya sambil berjalan, yang penting prosesnya berjalan dulu sesuai dengan tahapan. Apalagi dari tim sebelas sudah merinci jadwalnya dengan jelas," ungkapnya.

Yusuf berharap, jika diadakan pertemuan di tingkat kabupaten, pihaknya akan menjadikan Desa Kayupuring sebagai percontohan. Karena direncanakan akan diadakan launching yang akan dihadiri pemerintah provinsi.

"Dokumen yang sudah jadi akan dipamerkan di tingkat provinsi dan yang saya daftarkan adalah Desa kayupuring untuk memaparkan nantinya," imbuhnya.

Dalam musyawarah yang dihadiri Camat Petungkriyono, Formasi dan semua elemen masyarakat desa, Camat Petungkriyono Agus Purwanto mengapresiasi perencanaan pembangunan di desa ini yang dinilai baik dan terstuktur.

"Sudah berjalan dengan bagus dan terstruktur musyawarah yang dilaksanakan secara bertahap ini. Kami berharap nanti bisa sebagai percontoan dan mudah-mudahan hasil debat ini bisa berakhir di pelaksanaan di tahun 2018. Semoga kedepannya bisa direalisasi untuk anggaran yang ada di desa," ungkapnya.

Selanjutnya, terkait permasalahan aliran listrik, beberapa desa yang akan teraliri listrik tahun ini adalah  Desa Curug Muncar dan Desa Songgodadi. Di Desa Songgodadi pun tidak semuanya akan teraliri karena sebagian wilayah merupakan lahan Perhutani.

"Walaupun dari Perhutani sudah menerima surat permohonan dari kabupaten akan tetapi surat tersebut harus diproses sampai provinsi dan pusat. Memang dari Perhutani secara lisan sudah memerintahkan untuk di garap akan tetapi dari PLN tidak berani karena harus ada izin tertulisnya dari perhutani" tandasnya. (kuswoto/kyp)


Related Posts:

0 Response to "Musrembangdes, Pemdes Tampung Usulan Warga"

Posting Komentar