KTP Sementara Berlaku 6 Bulan


Warga Desa Yosorejo Kecamatan Petungkriyono, Riyana, tengah melakukan perekaman data KTP-el.
Petungkriyono (www.suarapetungkriyono.com) - Berdasarkan Undang-undang No 24 Tahun 2013 yang mengamanatkan, KTP elektronik (KTP-el) berlaku seumur hidup, selama tidak ada perubahan data di dalamnya. Namun lantaran kelangkaan blangko KTP-el, maka digantikan dengan KTP sementara yang berlaku 6 bulan.

Petugas Catatan Sipil Kecamatan Petungkriyono, Teguh Riswanto mengatakan, untuk proses perekaman KTP-el bisa dilakukan di kantor kecamatan. Namun untuk mendapatkan hasil cetaknya harus datang langsung ke Dinas Catatan Sipil Kabupaten Pekalongan di Kajen. Sehingga diberikan KTP sementara sebagai pengganti KTP-el yang belum jadi.


 
"Namun perlu diingat bahwa KTP sementara hanya berlaku 6 bulan saja. Dan harus diperpanjang apabila masa berlakunya habis," ungkapnya Rabu (6/9).

Teguh menambahkan, saat ini kantor Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) ada di Kecamatan Petungkriyono. Terletak di dekat pintu gerbang samping kantor kecamatan. Sehingga dari jauh bisa terlihat letaknya dan mempermudah segala pelayanan adminduk.


"Untuk sementara blangko KTP-el yang tersedia di Dinas Catatan Sipil Kajen masih kosong. Perkembangannya akan selalu kami informasikan apabila sudah tersedia lagi," tambahnya.

Salah satu pemohon KTP-el Riyana (17) mengatakan, proses perekaman menurutnya sangat mudah dan cepat. Namun hal ini disayangkan karena KTP-el tidak bisa langsung jadi dan memakan waktu cukup lama.

"Kalau mengurus lagi ke Kajen jadi nambah biaya lagi. Tapi saya diberi KTP sementara sebagai penggantinya ", katanya. (ria/jw yos)

Related Posts:

0 Response to "KTP Sementara Berlaku 6 Bulan "

Posting Komentar