3 Desa di Petungkriyono Mulai Bergerak Bersama Formasi


Tim Formasi tengah membentuk tim penyusunan RKP-Des 3 desa di Petungkriyono Kabupaten Pekalongan,
Dibentuk Tim Penyusun RKP-Des
Pekalongan (www.suarapetungkriyono.com) - Peran serta masyarakat dalam pembangunan desa mulai digerakkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya pembentukan kelompok kerja (pokja) di 3 desa di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan kemarin.
Kelompok tersebut akan bertugas sebagai penyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP-Des). Dengan tema penguatan kapasitas champion, para peserta mendapatkan pelatihan dari tim Forum Masyarakat Sipil (Formasi) selama 3 hari di hotel Dafam Pekalongan. Mereka terdiri dari perwakilan Desa Kayupuring, Yosorejo, dan Tlogohendro.
 
Direktur Formasi Yusuf Murtiono mengatakan, penggunaan dana desa harus sesuai dengan kebutuhan yang ada di desa. Entah dalam bidang layanan kesehatan, pendidikan, maupun administrasi kependudukan.
"Hal ini dengan harapan bisa mengayomi, mengurangi kemiskinan, dan membuat masyarakat sejahtera. Kewenangan desa adalah rohnya desa, dan pembangunannya harus melihat siapa saja yang ada di dalam desa," katanya kemarin (22/8).

Lebih lanjut Kepala Puskesmas Kecamatan Petungkriyono, dr. Budi Cahyono Ponco Utomo mengungkapkan, di bidang kesehatan, Petungkriyono masih memiliki banyak kendala. Kurangnya bidan desa dalam pelayanan kesehatan juga mendapat keluhan dari masyarakat.

"Ketika satu bidan desa harus mengurusi beberapa dukuh dengan jarak tempuh yang jauh. Tentunya berdampak pada lambatnya pelayanan terhadap pasien. Sehingga masyarakat semakin susah mendapat layanan kesehatan," ungkap Budi.

Sementara di bidang pendidikan, kurangnya tenaga pengajar membuat proses belajar mengajar menjadi terhambat. Hanya sedikit guru PNS yang ditempatkan di Petungkriyono. hal itu dikatakan
Kepala UPT dindik Petungkriyono, Masyhudi, S. Ag.

"Faktanya guru PNS di Petungkriyono tidak hanya mengajar, tapi juga mengurusi administrasi di sekolah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pegawai di sekolah. Dan akhirnya membuat proses belajar mengajar jadi terhambat," pungkasnya. (ria/jw yos)

Related Posts:

0 Response to "3 Desa di Petungkriyono Mulai Bergerak Bersama Formasi"

Posting Komentar