Musdes Sebagai Awal Pembangunan Desa

Warga Desa Kayupuring Kecamatan Petungkriyono tengah membahas pembangunan desa dalam kegiatan musdes. 
Kayupuring (Suara Petungkriyono.com) - Lahirnya Undang-undang tentang Desa telah melahirkan semangat baru dalam upaya membangun Indonesia ke arah lebih baik. Begitu juga semangat para warga Desa Kayupuring pagi ini, Kamis (15/06).

Mereka berbondong-bondong menuju keKantor Kepala Desa setempat guna mengikuti Musdes (Musyawarah Desa) yang diadakan satu bulan sekali oleh tim Formasi (Forum Masyarakat Sipil).

Kedatangan mereka penuh semangat dan antusias. Tampak dari wajah-wajah mereka menghadiri undangan tanpa beban. Salah seorang warga Casiyah mengungkapkan, dirinya ingin terlibat dalam upaya membangun desa yang lebih baik.

"Saya ingin sekali merubah Desa menjadi lebih baik dan maju," ujar Casiyah bersama dua orang temannya Casmirah dan Umaroh.

Sementara District Fasilitator Formasi Haryoko menjelaskan, pada umumnya pembangunan desa idealnya pelaksanaan pembangunan dari Bulan April. Karena pada bulan April anggaran baru turun sampai tahun berikutnya.

“Sedangkan untuk tahun 2017 idealnya bulan Juli sudah harus dirancang untuk pelaksanaan tahun 2018," katanya.

Untuk Dusun Tembelan, kata Haryoko, belum ada pendidikan anak usia dini (Paud) karena pada tahun 2015 belum ada anak-anak usia Paud. Namun sekarang sudah banyak dan diharapkan segera dibangunkan sarana dan prasarana untuk pendidikan anak.

Dalam acara Musdes ini, semua koordinator tiap dusun pun menyampaikan permasalahan yang ada di dusunnya dan kemudian oleh tim Formasi akan dilaporkan pada pihak kelurahan sebagai (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) RPJM Des 2013-2019 Desa Kayupuring.


“Nanti hasil dari Musdes ini akan diberikan kepada pihak kelurahan sebagai RPJM-Des 2013-2019 Desa Kayupuring,” tandasnya. (Purni/Jw Kyp)

Related Posts:

0 Response to "Musdes Sebagai Awal Pembangunan Desa"

Posting Komentar