Evaluasi PKK Tumbuhkan Inovasi

Pembina PKK tengah memaparkan evaluasi program PKK di Desa Tlogohendro Kecamatan Petungkriyono
Tlogohendro (suarapetungkriyono.com) - Pembinaan Kesehatan Keluarga (PKK) Kabupaten Pekalongan menggelar evaluasi di Desa Tlogohendro Kecamatan Petungkriyono. Evaluasi ini guna menumbuhkan inovasi pada organisasi tersebut, Sabtu (29/7).

PKK merupakan wadah pemberdayaan masyarakat yang meliputi penghayatan dan pengamalan Pancasila,  pendidikan, sandang pangan, serta kesehatan dalam keluarga. Di mana setiap tahun diadakan evaluasi masing-masing program dalam kelompok kerja (pokja).

Ketua PKK Kabupaten Pekalongan Dra. Munafah Asip Kholbihi mengatakan, meskipun letak geografis Kecamatan Petungkriyono cukup menyulitkan, namun pengadian Kader PKK di wilayah tersebut tetap semangat dalam menjalankan program.

"Letak geografis desa di Kecamatan Petungkriyono memiliki tingkat kesulitan yang beragam. Sehingga saya sangat berterimakasih kepada setiap kader yang selalu mengabdi dalam menjalankan setiap program PKK," ungkap Isteri Bupati Pekalongan Tersebut.

Menurut dia, setiap bentuk program yang dilaporkan harus disampaikan apa adanya sesuai dengan yang terjadi di lapangan selama menjalankan program. Hal ini demi mencari solusi tepat untuk setiap permasalahan.

“Agar jangan ada yang ditutupi atau takut dalam menyampaikan. Agar setiap masalah dapat menemukan solusi yang tepat. Evaluasi tujuannya untuk melihat langsung kegiatan 10 program pokok PKK," tambahnya.

Melalui Dana Desa, kata dia, PKK juga memiliki hak dalam pendanaan. Karena PKK termasuk program pemberdayaan masyarakat. Sehingga setiap kader lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan. Selain itu, tercipta inovasi program sesuai dengan kebutuhan masing-masing desa.

Tahun ini ada 2 desa binaan yang dievaluasi. Di mana setiap program selalu mendapatkan bimbingan langsung dari PKK Kecamatan.  Baik untuk tertib administrasi maupun inovasi program,” katanya.

Lebih lanjut Ketua PKK Kecamatan Petungkriyono Wiretnoningsih mengungkapkan, dua desa binaan yang mendapat evaluasi adalah Desa Kayupuring dan Desa Tlogohendro. Segala persiapan dan pembinaan pun dilakukan dengan maksimal.

Semoga hasilnya dapat membawa perubahan untuk kemajuan PKK di tiap desa," pungkasnya. (ria/jw yos).

Related Posts:

0 Response to "Evaluasi PKK Tumbuhkan Inovasi"

Posting Komentar