Bullying Penyebab Maraknya Anak Putus Sekolah

Warga Desa Yosorejo Kecamatan petungkriyono nampak antusias mengikuti musdes.
Petungkriyono (suarapetungkriyono.com) - Masyarakat Desa Yosorejo Kecamatan Petungkriyono memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan. Hal ini menjadi pembahasan dalam pemaparan musyawarah desa (musdes) kali ini, Kamis (27/7).

Berdasarkan UUD 1945 No. 31 ayat 1 dan 2 tercantum bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan. Termasuk anak-anak yang berhak mendapatkan pendidikan dasar. Namun pada kenyataannya, tidak semua anak dapat mengeyam pendidikan.

Di Desa Yosorejo, tercatat sekitar 41 anak usia sekolah namun tidak melanjutkan pendidikannya. Dari angka tersebut, terdiri dari anak usia SLTP hingga SLTA. Salah satu penyebabnya ialah kurangnya percaya diri anak ketika bergaul di lingkungannya.

"Sebagian anak merasa malu dengan teman sekolahnya. Karena tidak memiliki motor atau handphone yang bagus. Jadi lebih memilih untuk tidak sekolah dan memilih putus sekolah untuk bekerja saja," ungkap Siti Aisah (28) salah satu warga yosorejo dalam kegiatan musdes tersebut (27/7).

Lebih miris, ketika anak-anak hendak melanjutkan sekolah, mereka mendapatkan perlakuan yang kasar dari teman sebayanya. Hal ini membuat sebagian dari mereka enggan meneruskan sekolah lagi.

"Maraknya anak putus sekolah karena mereka takut dengan teman-temannya. Takut menjadi bahan olokan (bullying) teman sebayanya. Yang terkadang sampai berlanjut dengan tindak kekerasan," ungkap Kayem (29) warga lain saat berdiskusi.

Para orang tua sudah melakukan banyak hal dan terus memotivasi anak mereka. Hal ini demi melihat anaknya hidup lebih sukses dan mengangkat derajat orangtuanya. Para orangtua pun merasa khawatir dengan nasib anak mereka. 

"Peran serta pemerintah sangat dibutuhkan. Jangan sampai para generasi muda memiliki mental yang lemah dalam meraih cita-citanya. Karena generasi muda adalah pejuang bangsa. Untuk memajukan tanah air Indonesia," pungkasnya. (ria/jw yos)

Related Posts:

0 Response to "Bullying Penyebab Maraknya Anak Putus Sekolah"

Posting Komentar