Zero Waste Sebagai Pengendalian Sampah


Kesimpar (suarapetungkriyono.com) - Dalam rangka pengesahan peraturan Bupati Pekalongan Tahun 2017 tentang pengurangan sampah plastik dan pengendalian kantong plastik, diadakan peresmian pengendalian penggunaan kantong plastik menuju zero waste di destinasi ekowisata Petungkriyono, Selasa (6/6) kemarin.

Tujuan peresmian ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang penggunaan plastik dengan konsep zero waste, yaitu dengan mengelola sampah untuk didaur ulang dan dapat difungsikan kembali.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat berkunjung di kawasan Ekowisata Curug Lawe Desa Kasimpar Kecamatan Petungkriyono beberapa waktu lalu menegaskan, pengendalian sampah plastik adalah untuk menjaga dan menyelamatkan lingkungan.

"Karena butuh waktu bertahun-tahun lamanya untuk bisa terurai di dalam tanah. Dampaknya alam kita bisa rusak. Kita bisa memanfaatkan daur ulang sampah plastik untuk menekan kerusakan lingkungan dan dibuat kerajinan untuk tambahan penghasilan," katanya.

Asip menambahkan, Petungkriyono sangat luar biasa wisata alamnya. Namun dengan menjaga dan mengendalikan sampah di sekitar wisata, maka akan lebih banyak menarik minat pengunjung.

"Kedepan pasti akan lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung. Untuk itulah kita harus selalu menjaga dan melakukan pengendalian sampahnya," tambahnya.

Acara ini dihadiri oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Pekalongan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Petungkriyono, pelajar serta masyarakat guna saling emelihara dan menjaga alam sekitar. Karena hal itu merupakan tugas bersama. Jangan sampai merusak dan membebaninya dengan sampah. Karena kebutuhan hidup manusia tidak lepas bergantung pada alam.

Ketua Pokdarwis Curug Lawe, Casmanto mengatakan, menumbuhkan kesadaran di masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik masih susah, sehingga perlu adanya pendekatan. Pihaknya pun selalu melakukannya dengan menjaga lingkungan di area tempat wisata.

"Langkah awal kami adalah dengan menyediakan tempat pembuangan plastik dan organik,  memasang plang untuk membuang sampah pada tempatnya, selalu menjaga dan membersihkan sampah di lingkungan wisata. Kami juga selalu memberikan pengertian pada wisatawan untuk menjaga lingkungan," pungkasnya. (ria/jw/yos).

Related Posts:

0 Response to "Zero Waste Sebagai Pengendalian Sampah"

Posting Komentar