Warga Rela Berjalan Kaki Demi Perubahan


Yosorejo (suarapetungkriyono.com) - Puluhan peserta Musyawarah Desa (Musdes) di Desa Yosorejo Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan rela berjalan kaki menuju Kantor Kepala Desa demi berpartisipasi dalam pembangunan desa, Selasa (13/6).

Dengan semangat dan harapan tinggi, mereka berjalan dari masing-masing dusun dengan jarak tempuh terjauh sekiatar 1 jam dengan berjalan kaki. Hal ini lantaran banyak permasalahan di dusun mereka yang ingin diungkapkan dan juga diperhatikan. Dengan harapan akan adanya perubahan dan kesejahteraan.

Salah satu peserta dari dusun Sikucing, Slamet Rahayu mengungkapkan, dirinya beserta rombongan datang dengan harapan bisa menyampaikan aspirasi dan permasalahan di wilayahnya.

"Meski jauh kami berjalan tapi tidak masalah, karena semua ini demi kemajuan desa kami," ungkapnya.

Meskipun dengan cuaca mendung dan gerimis, tidak menyurutkan semangat warga. Perubahan fisik sebagai seorang ibu yang sedang hamil juga tidak menjadi penghalang untuk ikut berpartisipasi.

"Saya tidak mengeluhkan kehamilan saya, untuk melakukan perubahan saya merasa perlu untuk datang ke sini," ungkap warga lainnya, Eriyani sambil memegang perutnya.


Desa Yosorejo terdiri dari 5 Dusun, yaitu Dranan, Mudal, Garung, Candi dan Sikucing. Pemaparan masalah yang dikeluhkan di antaranya banyaknya anak putus sekolah karena faktor biaya.

Selain itu, tidak adanya transportasi untuk siswa menuju sekolah, membuat orangtua khawatir dan enggan mengizinkan anaknya bersekolah. Kurangnya fasilitas pendidikan Anak Usia Dini (Paud) dalam dalam proses pembelajaran di masing-masing dusun juga perlu mendapat perhatian.

Sedangkan dalam kesejahteraan kesehatan dibutuhkan bidan desa di masing-masing dusun.  Kelengkapan alat dan fasilitas kesehatan juga sangat diharapkan. Agar warga bisa mendapatkan pelayanan yang tepat waktu dan maksimal sehingga tidak harus pergi jauh ke kecamatan.

"Kurangnya pembangunan dan perawatan saluran air bersih, pengadaan jamban sehat, serta aliran pembuangan, juga menjadi keluhan. Karena hal ini sangat menggaggu lingkungan dan kesehatan," tandasnya.  (ria/jw/yos)

Related Posts:

0 Response to "Warga Rela Berjalan Kaki Demi Perubahan"

Posting Komentar