Warga kayupuring Dambakan Jamban Sehat

Kayupuring (suarapetungkriyono.com) - Jamban menjadi kebutuhan vital bagi manusia untuk memenuhi panggilan alam. Namun kebutuhan ini tidak dapat terpenuhi oleh sebagian warga Desa Kayupuring Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan, Sabtu (27/5).

Open Defecation Free (ODF) adalah kondisi ketika setiap individu dalam masyarakat tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini.

Salah satu warga desa Kayupuring saat hendak membuang hajat di kolam.
Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh masyarakat. Sedangkan desa ODF (Open Defecation Free) adalah desa yang 100% masyarakatnya telah buang air besar di jamban sehat.

Salah satu warga setempat, Donifah (33) mengaku dirinya beserta keluarganya masih membuang air besar di kolam milik tetangganya. Mereka harus menempuh jarak 100 meter dari rumahnya untuk sampai di kolam sekedar membuang hajat.

"Setiap pagi hari saya harus pergi ke kolam untuk buang hajat. Soalnya mau gimana lagi, tidak ada jamban di rumah," ungkapnya saat ditemui di rumahnya (27/5).

Selain Donifah, masih banyak warga lain yang belum memiliki jamban. Padahal kebutuhan vital ini menjadi penting bagi kesehatan keluarga, khususnya yang masih usia kanak-kanak. Namun warga setempat sudah terbiasa membuang hajat di kolam lantaran madih banyak yang belum memiliki jamban sehat.

Hal ini juga dialami Suci Hidayani (13) yang setiap hari harus membuang air besar di tempat neneknya. Karena di rumahnya belum ada jamban. Sedangkan untuk membuang hajat di kolam, dirinya merasa malu dan khawatir jika ada orang lain yang melihat.

"Saya sebenarnya ingin punya jamban di rumah. Tapi gimana ya, kata orangtua belum ada uang untuk buat jamban. Uangnya harus dipakai untuk kebutuhan lain yang lebih penting," ungkapnya.(purni/kyp)

Related Posts:

0 Response to "Warga kayupuring Dambakan Jamban Sehat"

Posting Komentar