Dinkes Kampanyekan Imunisasi MR dan Campak


Yosorejo (suarapetungkriyono.com) - Mengacu pada UU No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pekalongan melakukan sosialisasi kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) dan campak, Kamis (8/6) kemarin.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memutuskan transmisi penularan virus Rubella dan Campak pada anak usia 6 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun. Pelaksanaannya ialah mulai bulan Agustus hingga September mendatang yang ditempatkan di pos pelayanan imunisasi atau sekolah.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten pekalongan, Casmudi, S. Kep., M. M mengatakan, selama imunisasi dipastikan orangtua atau pengasuh tetap berada di pos imunisasi selama beberapa waktu.

"Pastikan orangtua atau pengasuh tetap di pos pelayanan imunisasi selama 30 menit sesudah imunisasi, untuk mengantisipasi terjadinya efek samping," katanya.

Casmudi menambahkan, vaksin yang digunakan adalah buatan Biofarma Bandung yang sudah di eksport ke 150 negara termasuk negara-negara muslim.

"Jadi dipastikan aman dan terjamin kualitasnya," tambahnya.

Measlea Rubella (MR) merupakan penyakit infeksi virus Rubella yang sangat menular. Biasanya berupa penyakit ringan pada anak dan menular melalui saluran nafas pada saat batuk. Dampaknya bisa menyebabkan kegugura atau kecacatan pada ibu hamil.

Sedangkan Campak merupakan infeksi dari virus Myxovirus Viridae Measles yang juga sangat menular. Penularannya dapat melalui ludah dan saluran napas. Dampaknya dapat menyebabkan radang paru, radang otak, bahkan kematian.

Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Matori menjelaskan, cara paling ampuh untuk bebas dari Rubella dan Campak adalah dengan imunisasi.

"Jadi imunisasi adalah harga mati alias wajib," katanya.

Peserta yang hadir dalam sosialisasi ini terdiri dari Muspika Kecamatan Petungkriyono, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas pendidikan, serta organisasi kemasyarakan. Dengan gaya bahasa pembicara yang santai dan humoris, membuat para peserta menjadi bersemangat.

"Acara ini sangatlah bermanfaat karena saya jadi paham tentang virus Campak dan Rubella, apa dampak dan pencegahannya." ujar Surowati warga setempat. (ria/jw/yos)

Related Posts:

0 Response to "Dinkes Kampanyekan Imunisasi MR dan Campak"

Posting Komentar