Pelajar Petungkriyono Juarai Lomba Cagar Budaya Tingkat Jateng

Petungkriyono (suarapetungkriyono.com) - Prestasi membanggakan diraih oleh Kiswantoro, siswa kelas 1 SMA Negeri 1 Petungkriyono. Dirinya berhasil menjabet juara 1 lomba Cagar Budaya tingkat Povinsi Jawa Tengah. Putra dari Sahuri dan Dakumi, yang merupakan warga Desa Yosorejo Kecamatan Petungkriyono ini mampu menggulingkan 50 peserta lain dari berbagai daerah. 

Meski orangtua Kiswantoro bekerja sebagai petani. Namun sebagai generasi muda ia merasa prihatin dengan minimnya pengetahuan dan informasi mengenai cagar budaya di Petungkriyono.

Di lingkungan sekolahnya, hanya sedikit teman-temannya yang mengetahui situs budaya di Petungkriyono. Keprihatinan inilah yang membuat Kiswantoro mengangkat penelitian mengenai cagar budaya di Petungkriyono Kabupaten Pekalongan.

Kiswantoro melakukan observasi dan wawancara di lapangan. Mengunjungi beberapa situs yang ada di Petungkriyono seperti Nogo Pertolo dan Watu Kamar yang terletak di Desa  Tlogopakis, Gedong di Dukuh Kambangan, Monumen Perjuangan di Dukuh Kasimud, dan Watu Lapak di Dukuh Gondang.

"Saya sangat menyayangkan, karena ternyata masih sedikit generasi muda yang tahu dan peduli dengan situs cagar budaya di Petungkriyono. Padahal ini adalah warisan tak ternilai harganya. Kalau tidak kita yang menjaga siapa lagi?" ungkapnya saat ditemui di sekolahnya, Sabtu (6/5).

Dewan guru SMA Negeri 1 Petungkriyono, akhirnya membuat tim untuk membantu penelitian tersebut. Ada tiga guru yang berperan sebagai pembimbing, yaitu Darli, S.Pd (guru tata tulis),  Puji Riyatno M. Hum (guru sejarah), serta Nunuk Riza Puji, S.T (guru IT). 

Ditemui di ruang kerjanya, Nunuk Puji Riza selaku guru pembimbing mengatakan, sebagai pendidik tugasnya hanya mengarahkan.

"Sebagai pendidik kami hanya mengarahkan apa yang menjadi permasalahan, memfasilitasi,  dan memcoba memberi masukan untuk menyelesaikan masalah," katanya.

Nunuk menambahkan, pihaknya mencoba mengemas dengan aplikasi Partala yang dapat digunakan di smartphone, kemudian memasukan informasi mengenai situs budaya di Petungkriyono.

"Hasilnya ternyata bisa menjadi pemandu informasi yang menarik dan menyenangkan. Selanjutnya kami berharap semoga akan lebih banyak lagi siswa Petungkriyono yang menorehkan prestasi, sehingga dapat memotivasi lebih banyak siswa untuk bersekolah," tambahnya. (ria/yos/fid)

Related Posts:

0 Response to "Pelajar Petungkriyono Juarai Lomba Cagar Budaya Tingkat Jateng"

Posting Komentar