KWT di Petungkriyono Kembangkan Produksi Gula Semut


Kayupuring (suarapetungkriyono.com) - Sebagai masyarakat indonesia pasti sudah mengenal dengan apa yang dinamakan gula aren. Gula aren merupakan salah satu jenis gula alami yang diproduksi dan dibuat menggunakan bahan alami dari buah aren. Berbeda dengan gula putih yang dibuat dari batang tebu.

Gula aren memiliki warna merah dan memiliki tekstur yang lebih kasar serta tidak berbentuk kristal. Gula aren biasa disebut gula merah. Dukuh Tembelan Desa Kayupuring Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan merupakan salah sstu penghasil gula aren asli. Hampir 70 persen warga Dukuh Tembelan ini sebagai memproduksi gula aren.

"Masyarakat Dukuh Tembelan Desa Kayupuring sudah turun-temurun menjadi tukang deres (bekerja mengambil bahan baku yang nantinya diproses menjadi gula aren)," kata Wasjuri (55) warga setempat (30/4) kemarin.

Gula aren Dukuh Tembelan ini selain diproduksi dengan alat cetak manual, juga dibuat kreatif oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) yang diketuai Yantini, wanita yang kini menginjak usia setengah abad.

Gula semut yang diproduksi oleh KWT ini dijual dengan harga Rp. 30 ribu per kilogram. Sementara gula aren biasa dijual dengan harga Rp. 16 ribu per kilogram namun jika sudah diolah menjadi gula semut harganya mencapai Rp. 30 ribu per kilogram.

"Kelompok kami lagi belajar mengembangkan gula aren menjadi produk unggulan dengan cara membuat gula semut. Dan berkat usaha kami, gula semut sangat diminati oleh pengunjung yang datang ke tempat kami," kata Yantini.

Mantan Kadus Dukuh Tembelan Kasmali mengatakan, Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di dukuh setempat yang diketuai oleh Yantini ini sangat antusias saat proses pembuatan gula semut. Dirinya berharap agar pemerintah setempat memberikan modal berupa alat produksi yang lebih modern.

"Semoga pemerintah memberikan bantuan alat yang lebih modern sehingga usaha pembuatan gula semut di desa kami lebih maju," pungkasnya. (kirjo/kyp/fid)

Related Posts:

0 Response to "KWT di Petungkriyono Kembangkan Produksi Gula Semut"

Posting Komentar