Dua Penyandang Disabilitas Butuh Perhatian

Nasib Miskiyah Kayupuring Petungkriyono Pekalongan
Kayupuring (suarapetungkriyono.com) - Miris, itulah ungkapan yang sesuai dengan kondisi keluarga Taryamah warga Desa Kayupuring, Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan yang sudah lanjut usia.

Dua cucunya, Miskiyah (23) dan Tegar Sugianto (3,5) menyandang disabilitas sejak kecil. Keduanya tak bisa melakukan banyak aktivitas karena kondisi kesehatannya. Karena kondisi ekonomi yang kurang mendukung, Taryamah belum mengetahui apa penyebab yang diderita oleh kedua cucunya.

Menurut Taryamah, Miskiyah waktu belum berumur 1,5 tahun masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Namun sejak di usia itu mulai nampak tanda-tanda penyakitnya. Berbeda dengan Tegar, yang  saat itu lahir tidak menangis. Semenjak itu Tegar hanya bisa diam dan tak banyak bergerak.

"Waktu lahir, Tegar tidak nangis dan kurang tahu penyebabnya. Dia hanya bersuara seperti kesakitan, sudah itu diam. Setiap hari hanya diam dan tidak banyak gerak," ungkapnya (9/5).

Miskiyah adalah cucu dari anak kedua Taryamah, sedangkan Tegar Sugianto cucu dari anak ketiga Taryamah yang sudah menjanda beberapa bulan yang lalu. Padahal anak dari suami pertamanya tidak mengalami hal seperti ini.

Sementara menurut keterangan warga sekitar, belum ada tanggapan dan perhatian dari pemerintah setempat untuk mengetahui lebih serius mengenai jenis penyakit apa yang diderita kedua cucu Taryamah tersebut.

"Kami berharap bantuan dari pemerintah untuk memberikan yang terbaik pada dua cucu ibu Taryamah," ungkap salah satu tetangga Taryamah, Waltini.

Masih menurut warga setempat, dulu waktu Miskiyah masih kanak-kanak pernah mendapatkan bantuan tapi tidak dijelaskan bantuan dari mana. Penyandang disabilitas ini kini hanya bisa terbaring dengan kondisi yang ringkih. Keduanya sangat membutuhkan perhatian. Namun ada sebagian warga yang menyebutkan bahwa keluarga Taryamah sudah masuk program bantuan pemerintah.

"Setahu saya hanya sekali itu saja. Sampai sekarang sangat kurang perhatian dari pemerintah setempat," tukasnya.(purni/kyp)

Related Posts:

0 Response to "Dua Penyandang Disabilitas Butuh Perhatian"

Posting Komentar