Bongko, Kue Khas Petungkriyono


Petungkriyono (suarapetungkriyono.com) - Singkong atau ubi kayu merupakan bahan makanan yang tak asing lagi di kalangan masyarakat Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan. Hal ini karena tanaman singkong tumbuh subur di ladang pertanian yang ditanam bersamaan dengan sayuran jenis lainnya.

Manfaat singkong di antaranya mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan serat pangan. Karena itulah singkong dijadikan alternatif pemenuhan gizi masyarakat di Petungkriyono.

Salah satu olahan singkong yang sampai sekarang masih diminati adalah kue Bongko. Ialah olahan singkong yang dikukus bersama gula aren kemudian dibungkus dengan daun pisang. Rasa kue ini sangat legit dan teksturnya sangat lembut.

Kue ini pun banyak dijumpai di Kecamatan Petungkriyono dengan harga yang cukup terjangkau, yakni cukup dengan harga Rp 500 per buah. Biasanya dijual oleh pedagang keliling, atau dititipkan di warung makan sekitar Petungkriyono.

Ditemui beberapa waktu lalu saat berjualan, penjual kue Bongko Karyati mengaku dirinya sudah lama berjualan kue legit (manis) ini.

"Saya sudah lama sekali membuat kue Bongko ini. Yang membuat kue ini enak rasanya, karena saya selalu menggunakan bahan yang bagu., Dan tanpa campuran pemanis buatan, murni dari gula aren asli Petungkriyono," katanya.

Salah satu warga yang sering membeli kue ini Samini mengatakan, tekstur kue Bongko yang legit dan lembut, serta aroma rasa dari gula aren yang tidak terlalu manis dan gurih, membuat banyak penikmat Bongko tak bosan mencicipi.

"Saya suka dengan kue Bongko ini. Dari dulu saya selalu beli, rasanya enak dan legit," ungkapnya. (ria/yos/fid)

Related Posts:

0 Response to "Bongko, Kue Khas Petungkriyono"

Posting Komentar